5 Tips Sederhana Memulai Bisnis Cafetaria di Surabaya

Posted on

Kuliner memang membuka jalan untuk banyak usaha. Salah satunya adalah bisnis cafetaria. Saat ini cafetaria atau yang biasa disebut kafe bukan lagi tempat yang asing bagi kita yang tinggal di daerah perkotaan, khususnya Surabaya. Konsep kafe yang datangnya dari luar negeri yaitu Perancis, mendefinisikan sebagai tempat untuk bercengkerama, menikmati aneka minuman dan makanan ringan.

Konsep kafe ini tidak jauh berbeda dengan kedai kopi. Akan tetapi pebisnis kuliner zaman sekarang banyak yang memakai istilah kafe. Karena istilah tersebut dinilai lebih fleksibel dibandingkan dengan kedai kopi. Jika Anda tertarik dengan bisnis kafe atau tengah berfikir untuk membuka bisnis kafe , berikut ada 5 tips sederhana yang bisa Anda terapkan

  1. Merancang Konsep dan Ciri Khas

Langkah pertama, Anda harus tahu dan mengerti apa yang akan Anda tawarkan kepada pembeli. Konsep kafe mayoritas akan menawarkan minuman dan makanan ringan, plus kenyamanan. Suasana yang cozy akan membuat pembeli betah berlama-lama di kafe Anda. Sekarang banyak kafe yang menjadikan kopi sebagai spesialty di kafe itu.

Anda harus benar-benar berfikir untuk membuat suatu inovasi agar kafe Anda bisa bersaing dengan kafe-kafe lainnya. Ciri khas juga sangat penting . Ciri khas membuat kafe Anda semakin unik dan semakin menarik banyak perhatian.

Anda bisa membuat ciri khas dari segi nama, desain yang unik, sampai hidangan menu yang hanya dapat ditemui di kafe Anda. Ciri khas akan membuat kafe Anda mudah diingat dan akan sulit dilupakan, sehingga diharapkan pembeli akan mengunjungi kafe Anda lagi.

  1. Pilihan Menu Hidangan

Anda harus tahu menu hidangan apa saja yang akan dibuat. Anda juga harus memastikan makanan dan minuman apa saja yang akan menjadi specialty di kafe Anda. Misal saja , Anda ingin specialty kafe Anda adalah kopi. Berarti Anda harus lebih mendalami seperti apa itu kopi. Proses dari mulai biji kopi sampai menjadi kopi siap minum juga harus Anda ketahui.

  1. Lokasi Strategis dan Target yang Ingin Disasar

Lokasi di tengah keramaian adalah lokasi yang sangat strategis untuk memulai sebuah usaha. Lokasi sangat erat kaitannya dengan target yang ingin disasar. Misalnya saja, apabila target yang ingin disasar adalah mahasiswa dan siswa sekolah maka lokasinya diusahakan dekat dengan kampus.

  1. Fasilitas yang Lengkap

Fasilitas yang lengkap akan semakin membuat nyaman para pembeli. Karena hakikatnya pembeli ingin menikmati makanan dan minuman dengan nyaman. Anda bisa menambahkan fasilitas seperti AC, internet gratis, perpustakaan mini, kamar mandi yang bersih, dan lain-lain.

Apabila fasilitas dari kafe Anda kurang memadai bisa dipastikan jumlah pembeli juga akan berkurang. Salah satu fasilitas yang harus Anda perhatikan juga adalah listrik. Anda tidak mau kan tiba-tiba kafe Anda mati listrik. Itu akan sangat mengganggu kenyamanan pembeli.

Anda dapat menggunakan genset sebagai solusinya. Genset tidak perlu yang mahal dan tidak perlu berkapasitas besar. Sekarang sudah banyak orang yang jual genset murah surabaya juga orang yang jual genset yanmar 5 kva. Itu mungkin bisa jadi alternatif bagi Anda.

  1. Pelayanan yang Baik

Pembeli adalah raja. Berikanlah pelayanan yang baik bagi pembeli Anda. Pelayanan yang baik akan membuat pembeli, kembali lagi ke kafe Anda. Mulailah dari memilih karyawan yang baik, ramah, dan berdedikasi. Itu akan sangat membantu dalam peningkatan pelayanan di kafe Anda.