Cara instan membersihkan karpet masjid

Posted on

Cara instan membersihkan karpet masjid – Ketika bicara masjid dan barang-barang yang ada di dalamnya, sebagian besar dari kita akan langsung memikirkan karpet. Ya, memang hampir di semua masjid Anda bisa menemukan karpet. Setiap harinya karpet masjid ini dipakai  beberapa kali sholat jamaah, sering kali karpet masjid ini diinjak-injak oleh jamaah terutama karpet di bagian belakang. Akibatnya karpet mudah kotor, padahal ketika sujud jamaah sholat harus menempatkan wajahnya di karpet.

Berdasarkan hal tersebut, karpet masjid harus lebih sering dibersihkan, untuk menghindari adanya kotoran yang terhirup oleh jamaah sholat. Terutama jika karpet sering terkena noda lengket seperti kotoran yang basah karena bekas wudhu yang tidak bersih atau noda makanan minuman bekas acara pengajian. Berikut ini beberapa cara instan yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan karpet masjid, cara ini juga banyak direkomendasikan oleh beberapa toko yang jual karpet masjid di bekasi.

  1. Gunakan Detergen

Mungkin ini adalah cara paling basic dan paling umum dilakukan. Namun jika hanya ingin membersihkan pada titik-titik tertentu yang bernoda, Anda tidak perlu menggunakan detergen pada seluruh karpet. Cukup dengan menggunakan botol semprotan kosong, kemudian anda isi dengan air dingin. Setelah itu campurkan seperempat sendok teh sabun cuci piring dengan satu gelas air hangat. Oleskan cairan detergen tersebut ke titik noda kemudian dibersihkan secara perlahan. Semprotkan air dingin untuk membilas bekas sabun tersebut. Kemudian  keringkan dengan lap dan tumpukkan handuk diatasnya semalaman.

  1. Gunakan bedak

Bedak bisa dijadikan salah satu media pembersih karpet. Hal ini dikarenakan tekstur bedak yang berupa bubuk dan mudah menyerap fluida. Bedak sangat cocok terutama untuk mengangkat noda yang lengket dan membandel. Caranya dengan menaburkan bedak ke karpet dan kemudian didiamkan selama 30 menit. Kotoran akan menempel dan terserap ke bubuk bedak. Anda dapat menggunakan pembersih karpet bubuk atau baking soda sebagai tambahan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Setelah 30 menit Anda bisa membersihkan berkas bedak pada karpet dengan vaccum cleaner. Sehingga cara ini tidak disarankan jika Anda tidak memiliki vaccum cleaner, pasalnya justru menghilangkan bedak di karpet nantinya akan lebih sulit dengan cara manual. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengurangi kelembapan karpet, yang mana kelembapan dapat memunculkan bakteri. Cara ini yang saling sering disarankan oleh toko-toko yang jual karpet masjid di bekasi,

  1. Menggunakan es batu

Es batu dapat digunakan untuk noda yang lengket seperti permen karet. Dengan menempatkan es batu di atas noda, noda akan mengerut sehingga mudah untuk dicongkel atau dilepaskan. Cara ini sebagai alternatif dimana Anda tidak perlu susah payah membersihkan sisa detergen pembersih.

  1. Menggunakan Cuka

Cuka walaupun bisa dikonsumsi namun merupakan senyawa asam. Cuka dapat digunakan untuk menghilangkan noda bau pada karpet. Caranya adalah mencampurkan cuka dengan air hangat dengan perbandingan takaran yang sama. Kemudian oleskan larutan ini ke ara yang berbau pada kain. Cuka akan mengubah  senyawa bau ini melalui reaksi kimia. Anda kemudian dapat membersihkan bekas cuka dengan menyemprotkan air dan mengeringkan dengan lap.