Hindari Hal-hal Berikut Ini Saat Memilih Sepatu Buat Anak Laki-laki Anda

Membeli Sepatu dengan Bahan Terlalu Kaku

Siapa sih yang ingin kakinya jadi kapalan hanya karena sepatu yang dipakai terlalu kaku? Anda tentu tak ingin hal tersebut terjadi pada anak laki-laki Anda. Tahukah Anda bahwa disamping bisa membuat kaki kapalan, sepatu yang terlalu keras bisa membuat kaki anak cepat lelah dan justu menimbulkan otot lemah dan kaki bengkak? Jadi, bijaklah dalam memilih sepatu untuk anak laki-laki Anda ya.

Sedangkan untuk sepatu yang terlanjur dibeli namun solnya kaku, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk melenturkannya. Misalnya saja, Anda bisa mengenakan sepatu kaku tersebut selama kurang lebih 3 hari agar sol lebih lentur dan pas dengan bentuk kaki. Ada pula cara lain yakni dengan meletakkan remasan koran basah pada sepatu. Diamkan saja selama semalaman untuk membuat sepatu lebih lentur. Jika tak ingin repot-repot, Anda bisa langsung membeli pelentur sepatu khusus di toko terdekat. Baca Juga : Sepatu Anak Murah

Memilih Sepatu dengan Model Sepatu Dewasa

Memang terkadang ada beberapa item fesyen dengan model dewasa yang jika digunakan anak-anak akan tampak lebih keren, seperti kacamata, kalung atau tas. Kendati demikian jangan menerapkan hal yang sama untuk pemilihan sepatu bagi anak laki-laki Anda. Pasalnya sepatu model dewasa tak mendukung pertumbuhan kaki anak dan kadang bisa membahayakan otot kakinya.

Sepatu model dewasa tak layak untuk dikenakan dalam kegiatan sehari-harinya karena berdampak kurang baik pada kesehatan kaki anak Anda. Alangkah baiknya untuk memilih sepatu yang cocok dengan usia anak laki-laki Anda. misalnya anak Anda masih dibawah usia 3 tahun, maka kenakan sepatu dengan sol yang ringan dan insole yang lembut. Dan untuk yang berusia 4 hingga 7 tahun, ada baiknya memilih sepatu berdesain perekat untuk mendukung gerak aktifnya. Sedangkan untuk yang berusia 7 tahun ke atas, barulah anak laki-laki Anda bisa memilih model sepatu yang beragam meski Anda harus tetap mengawasi tingkat keamanan dan kenyamanan sepatu tersebut. Lihat Juga : Jaket Wanita

Menganggap Sepatu Masih Baik Selama Anak Tidak Mengeluh

Pemilihan sepatu yang tepat sangat berpengaruh pada pertumbuhan kaki anak, terutama anak yang masih balita. Ini karena kaki anak masih terus mengalami masa pertumbuhan sehingga jika salah memilih sepatu bisa berakibat pada pertumbuhan otot dan tulang kaki. Selayaknya, pembelian sepatu untuk anak laki-laki yang masih dibawah lima tahun adalah 4 bulan sekali.

Namun jika anak laki-laki Anda tidak mengeluh dengan sepatu lama yang digunakannya, Anda tetap wajib memeriksa apakah sepatu yang dikenakan sudah ketat atau masih layak dikenakan. Bisa jadi sepatu itu sudah tidak layak karena solnya aus, jahitan atau lemnya sudah ada yang lepas, tapi gangguan-gangguan kecil itu tidak terasa karena si kecil sudah terlanjur nyaman dengan sepatu favoritnya. Hal ini juga sebagai upaya untuk menjaga pertumbuhan otot kaki dan tulang anak Anda.