Ketahuilah Ini 3 Alasan Mengapa Bayi Harus Memakai Kaos Kaki

Sebenarnya, bayi perlu memakai kaos kaki atau tidak? Pertanyaan ini kerap muncul dari pikiran ibu. Apalagi sebenarnya di negara tropis seperti Indonesia, memakaikan kaos kaki untuk bayi justru akan membuatnya merasa gerah dan memicu tumbuhnya jamur dan penyakit kulit lainnya. Memang potensi tersebut mungkin terjadi, tetapi ibu harus tahu ada 3 alasan mengapa bayi harus mengenakan kaos kaki.

1. Menjaga bayi tetap hangat dan dapat tidur nyenyak

Meski tinggal di negara tropis, pasti kamar si kecil punya pendingin ruangan atau kipas supaya ia tidak kepanasan saat musim kemarau. Musim hujan pun bisa membuat bayi kedinginan apalagi saat hujan sedang lebat. Lalu, jangan lupa saat mengajak bayi ke mall pasti terpapar udara dingin dari AC, kan?

Fungsi kaos kaki ini adalah untuk menghangatkan tubuh bayi. Memakaikan kaos kaki dengan bahan yang lembut dan halus akan membantu menjaga suhu tubuh bayi tetap normal. Pilih juga bahan yang nyaman untuk dipakai bayi dan berfungsi untuk menghangatkan. Jangan terpengaruh desain kaos kaki yang lucu saja. Selain itu, sisakan ruang 1 hingga 1,5 cm supaya kaki si kecil bisa bernapas dan terhindar dari jamur atau penyakit kulit.

Jangan pakaikan kaos kaki seharian. Pakaikan seperlunya saja ketika memang bayi membutuhkan kehangatan, baik saat di rumah atau sedang jalan-jalan ke luar rumah. Pastikan juga tidak ada benang-benang yang terlepas karena bisa menggores kaki si kecil dan membuat luka. Lihat Juga : Kaos Pria Terbaru

2. Melindungi bayi dari sinar matahari, gigitan serangga, dan benda asing

Percaya atau tidak kaos kaki juga berfungsi untuk melindungi bayi dari paparan sinar matahari bahkan gigitan serangga. Ibu tentu tahu bahwa kulit bayi sangat sensitif. Untuk melindungi tubuhnya dari paparan sinar matahari, tentu tak cukup hanya mengoleskan tabir surya, memakai topi, dan pakaian saja. Bagian kaki kerap terlupakan dan tanpa sadar kaki bayi bisa-bisa mengalami luka bakar karena terkena panas matahari.

Bayi yang memakai kaos kaki juga aman dari gigitan serangga dan ancaman benda-benda asing. Tinggal di negara tropis seperti Indonesia tentu banyak serangga yang mengganggu seperti nyamuk. Padahal, menggunakan obat nyamuk di sekitar bayi dan memakaikan anti-serangga tak selamanya aman untuk si kecil. Untuk itulah, memakaikan kaos kaki sangat penting karena bagian yang paling sering digigit nyamuk adalah wajah, tangan, dan kaki.

Kaos kaki juga dapat melindungi bayi dari benda asing saat ia bermain di lantai, playmat, atau tanah. Terkadang ibu kurang waspada memerhatikan sekitar dan tidak menyadari adanya benda asing berbahaya yang dapat melukai kakinya. Kaos kaki ini akan melindung si kecil dan tentu saja menjaga kakinya tetap bersih dari debu dan kotoran.

3. Kaos kaki memberikan kenyamanan untuk bayi

Tak disangka rupanya kaos kaki tak hanya memberikan kehangatan untuk bayi tapi juga memberikan kenyamanan untuknya. Kaos kaki pun rupanya dapat membantu bayi yang sulit tidur. Ibu pasti tahu, kan, kalau bayi yang susah dan kurang tidur akan membuatnya mudah lelah dan rewel.

Suhu tubuh sangat memengaruhi jam biologis tubuh yang mengatur waktu tidur bayi. Saat malam hari, suhu tubuh akan cenderung menurun dan akan semakin turun saat menjelang tidur. Dengan memakai kaos kaki, bayi mendapatkan kehangatan serta sinyal untuk tidur.

Tidak hanya itu, kehangatan dan kenyamanan yang diberikan kaos kaki ini dapat membuat bayi terstimulasi. Kaki bayi yang kedinginan dapat menekan pembuluh darah dan membuat sirkulasi darah pun memburuk. Inilah penyebab bayi jadi sulit tidur dan akhirnya merasa lelah yang berujung dengan rengekan. Lebih parahnya lagi bayi pun bisa sakit.

Jadi, sudah siap berbelanja kaos kaki untuk kebutuhan si kecil?