Rincian Modal Usaha Rental Komputer Mulai Awal hingga Buka

Posted on

Lalu bagi anda yang penasaran dan berencana rela membuka bisnis rental komputer dan cabangnya tentu bertanya-tanya berapakah modal bisnis yang dibutuhkan dalam mengawali bisnis penyewaan computer dan pengetikan? Untuk lebih jelas, inilah rincian modal bisnis rental computer berasal dari awal hingga beroperasi, antara lain:

▪ Komputer
Untuk mengawali bisnis rental computer secara rumahan dan sederhana, kawan baik bisa pakai tiga buah unit komputer. Jika harga satu unit computer sebesar Rp 3 juta maka modal bisnis yang dibutuhkan untuk membeli 3 unit computer sebesar Rp 9 juta.

▪ Printer
Ada berbagai jenis printer. Seperti printer inkjet atau pita. Saran penulis belilah printer laser jet yang lumayan dan canggih yang bisa mencetak dokumen dan foto secara mengerti dan sekaligus. Apalagi anda rela membuka bisnis cetak foto digital. Harga printer dikisaran Rp 1.500.000,-

▪ Scanner
Harga scanner yang standar dikisaran Rp 600 ribu.

▪ Biaya Promosi
Media yang digunakan untuk promosi bisnis rental computer perlu cost pembuatan seperti brosur, reklame, neon box, leaflet, dan lain sebagainya. Biaya promosi kira-kira Rp 200 ribu. Namun ada cara gratis untuk mempromosikan bisnis penyewaan computer dan pengetikan bersama dengan cara beriklan di internet lewat sarana sosial, blog, olx, forum, dan lain sebagainya.

▪ Gaji Karyawan
Karyawan satu orang bersama dengan gaji Rp 700 ribu.

▪ Biaya Listrik
Untuk pemakaian listrik tentu bakal besar dikisaran Rp 300 ribu perbulan.

▪ Biaya Lain-Lain
Hal ini meliputi cd, kertas, tinta seharga Rp 100 ribu.

Jadi estimasi keseluruhan cost yang dibutuhkan sebagai modal usaha untuk membuka bisnis rental computer berasal dari awal hingga membuka sebesar Rp 12.400.000. Jika dalam satu bulan, anda bisa mengetik 1000 halaman dan print 1000 halaman maka keuntungan bersih yang bisa didapatkan sebesar Rp 2 juta perbulan.