Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola dan Cara Melakukannya

Posted on

Berita Sepakbola – Seperti yang kami ketahui, bahwasannya sepak bola adalah type olahraga yang mengandalkan kecepatan, kemampuan, dan strategi. Agar bisa bermain sepak bola dengan baik, kamu wajib menguasai tehnik dasar dalam permainan sepak bola. Kalau kamu hanya mengandalkan kapabilitas tubuh, serta kecepatan tanpa mempelajari tehnik dasar permainan sepak bola, maka kamu dapat mendapatkan ada problem dalam bermain sepak bola. Maka berasal dari itu, di artikel ini, kami dapat mengkaji tentang tehnik dasar sepak bola dan penjelasannya secara lengkap dan jelas sehingga kamu menjadi pemain sepak bola yang handal.

Ok, berikut ini sebagian tehnik dasar dalam permainan sepak bola yang wajib kamu kuasai untuk menjadi pemain sepak bola yang hebat…

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Teknik dasar dalam permainan sepak bola yang wajib dikuasai oleh pemain sepak bola di antaranya:
1. Menggiring bola (dribbling), yakni tehnik mendekati jarak ke sasaran, melalui lawan, dan menghambat permainan.
2. Menendang bola (kicking), yakni tehnik menendang dan menembak ke arah gawang lawan.
3. Mengumpan bola (passing), yakni tehnik mengoper bola ke rekan satu tim.
4. Menghentikan bola (stopping), yakni tehnik menghilangkan bola yang benar-benar kuat ditendang.
5. Menyundul bola (heading), yakni tehnik terima umpan bola yang melayang berasal dari atas.
6. Merebut bola (intercepting), yakni tehnik mengambil/merampas bola berasal dari lawan.
7. Menyapu bola (sliding tackle), yakni tehnik merampas bola dengan men-sliding pemain lawan.
8. Lemparan ke Dalam (trow-in), yakni tehnik melempar bola ke dalam ketika bola nampak lapangan.
9. Menangkap bola (goal keeping), yakni tehnik menjaga gawang sehingga tidak kemasukan.

Untuk penjelasan lebih lengkap dan langkah-langkah dalam laksanakan tehnik dasar permainan sepak bola di atas, silakan baca selengkapnya di bawah ini:

1. Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling)
Menggiring bola ialah gerakan mempunyai bola yang dilakukan dengan mengfungsikan kaki untuk menuju area tim lawan dan menerobos pertahanan pemain lawan.

Kemampuan dalam menguasai tehnik dasar menggiring bola penting diperlukan oleh seorang pemain yang baik, sebab dribble atau menggiring bola terhitung skill individu yang wajib dikuasai oleh setiap pemain.

Ketika dalam permainan kamu tidak mendapatkankan rekan yang bisa dioper, kamu wajib menggiring atau men-dribble bola tersebut.
Begitu terhitung ketika jikalau kamu beri tambahan operan dapat membawa dampak offfside, kamu barangkali saja wajib menggiringnya sendiri.

2. Teknik Dasar Menendang Bola (Kicking)
Secara umum, ada 7 tehnik dalam menendang bola. Sebagian berasal dari teknik-teknik itu kerap kami lakukan, tetapi sebagian yang lain memerlukan latihan tersendiri. Ketujuh tehnik menendang bola itu di antaranya:

1. Menendang bola dengan segi dalam kaki
2. Menendang bola dengan segi luar kaki
3. Menendang bola dengan punggung kaki (kura-kura)
4. Menendang bola dengan punggung segi dalam kaki
5. Menendang bola dengan tumit
6. Menendang bola dengan ujung jari kaki/sepatu

Tapi, sebab artikel ini mengkaji tentang tehnik dasar bermain sepak bola, maka hanya beberapanya saja yang dapat aku paparkan di sini. Yaitu 3 tehnik pertama dalam daftar di atas. Teknik menendang bola dengan kaki anggota dalam, luar, dan punggung kaki.

3. Teknik Dasar Mengumpan Bola (Passing)
Menguasai tehnik mengumpan serta terima bola merupakan hal yang terhitung penting dalam permainan sepak bola. Siapa yang tidak bisa laksanakan passing atau umpan, serupa saja dia tidak bisa bermain sepak bola.

Kenapa umpan? Karena mengumpan lebih efisien berasal dari pada menggiring bola.

4. Teknik Dasar Menghentikan Bola (Stopping)
Menghentikan bola adalah tidak benar satu tehnik dasar dalam permainan sepak bola yang penggunaannya bersamaan dengan tehnik menendang bola.

Tujuan berasal dari menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang di dalamnya terhitung terhitung untuk menyesuaikan tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan mempermudah untuk laksanakan passing.

Ada sebagian langkah untuk menghentikan bola. Yaitu dengan kaki anggota dalam, luar, telapak kaki, punggung kaki, dengan dada, paha, dan dengan perut. Berikut penjelasan dan langkah melakukannya:

5. Teknik Dasar Menyundul Bola (Heading)
Tujuan menyundul bola dalam permainan sepak bola adalah untuk mengoper, mencetak gol, mematahkan serangan lawan, atau menghilangkan bola. Banyak gol tercipta dalam permainan sepak bola berasal dari hasil sundulan kepala. Pemain wajib studi untuk menyundul bola Mengenakan dahi, bukan dengan ubun-ubun kepala.
Pemain terhitung wajib jelas bahwa mereka yang dapat menyundul bola, bukanlah bola yang tentang mereka. Dilihat berasal dari posisi badannya, menyundul bola bisa dilakukan sambil berdiri dan sambil meloncat/melompat.

6. Teknik Dasar Merebut Bola (intercepting)
Teknik dasar ini wajib dilakukan dengan teman, sebab cocok dengan namanya, yakni merebut bola berasal dari kaki lawan. Kamu wajib studi membaca gerakan lawan serta upayakan untuk membaca gerakan bola berasal dari pada menghadap secara fisik lawan main.

Ketika kamu mendalami gerak tipu tanpa ada bola, kamu bisa terhitung mengaplikasikan gerak tipu untuk merebut bola berasal dari lawan. Hal yang paling gampang dalam intercepting adalah menghadang laju bola yang diumpan dengan langkah long pass.

7. Teknik Dasar Menyapu Bola (Sliding Tackle)
Sliding tackle ialah gerakan merebut bola yang memang memadai rawan untuk dilakukan, sehingga beresiko mendapatkan kartu pelanggaran. Teknik yang wajib dipelajari yakni meluncur dengan menjatuhkan badan ke rumput.

Kamu terhitung wajib perhatikan timing yang pas untuk melalukan sliding tackle, sebab tidak benar sedikit dalam memperkirakan waktu, bisa menghasilkan kartu berasal dari wasit. Hal yang tidak diperbolehkan dalam laksanakan sliding tackle adalah melakukannya berasal dari belakang lawan, tackle dengan tehnik menggunting, dan mengangkat kaki ke atas ketika laksanakan tackle.

8. Teknik Dasar Menangkap Bola (Goal Keeping)
Teknik dasar menangkap bola hanya berlaku untuk kiper. Sudah tentu sebab dalam permainan sepak bola, pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan, jikalau penjaga gawang. Latihan lazim yang wajib dilakukan adalah menangkap bola berasal dari kanan atau kiri, bisa terhitung dengan tendangan pinalti.

9. Teknik Dasar Lemparan ke Dalam
Lemparan ke dalam berlangsung jikalau ketika permainan sepak bola sedang berlangsung, bola nampak berasal dari lapangan permainan melalui area segi lapangan. Kalau lemparan ini udah dilakukan, permainan bisa dilanjutkan kembali.

Lemparan ke dalam dilakukan oleh pemain berasal dari tim yang tidak menyentuh bola paling akhir ketika bola nampak lapangan. Lemparan ke dalam bisa menjadi serangan yang beresiko jikalau dilakukan dengan perhitungan yang matang, khususnya jikalau berlangsung di area pertahanan lawan. Ketika laksanakan lemparan ke dalam, ada 3 pilihan posisi kaki, yakni ke-2 kaki sejajar rapat, tidak benar satu kaki di depan atau di belakang, dan ke-2 kaki diakses lebar. Itulah sebagian tehnik dasar permainan sepak bola yang sebaiknya kamu tekuni dan kuasai sehingga menjadi seorang pemain sepak bola yang hebat. Sebagai pelengkap pengetahuan kamu dalam bermain sepak bola, silakan baca terhitung peraturan permainan sepak bola ini.

Sekian berasal dari saya, teruslah berlatih, dan jagalah kesehatan. Salam olahraga